Selasa, Juni 30, 2009

Untuk usia yang tak lagi muda

Kini ada banyak pertanyaan,
seberapa jauh aku sudah melangkah..??
apa yang sempat di inginkan oleh hati pria kecil sepertiku?
pada sedikit usianya yang beranjak menanjak!
aku akan mencari tahu...

Bisikan pertanyaan itu kembali keluar memekiktajam di telingaku
mencari jawabnya yang entah ada
apa yang terpikirkan olehku pun aku tak tahu
setahuku, ada banyak pertanyaan kini...

Pertanyaan itu tentang kebahagiaan...
tentang kehidupan,
dan tentang makna...
klise, namun berarti
klasik, namun begitu penting
dan belum ada yang benar-benar tahu jawabannya.

Semuanya tentang ada apa dengan kebahagiaan manusia
ada apa dengan kehidupanku saat ini
ada apa dengan keadaan sekitarku
keadaan itu jika tak keberatan kusebut "masyarakat"!

Apakah mereka kesepian tanpa aku??
tidak!!!
siapa bilang??
meski tanpa aku, mereka akan tetap berjalan tanpa henti untuk memperhatikan dan menungguku
memangnya mereka angkutan kota yang ketika aku menahannya dengan membuat isyarat tangan lalu mereka akan berhenti begitu saja??
tidak!!!
siapa aku?
tidak seperti itu...
mereka akan tetap berjalan dengan kecongkakannya tanpa harus mempedulikanku!

Lalu, dimana harus kutemui kebahagiaan itu?
kebahagiaan yang katanya akan tampak nyata ketika di bagi dengan orang lain (?)
jika tidak di bagi, namanya apa??

Aku tak tahu....

Aku tak tahu apa lagi yang harus kulakukan
bersikap apatis??
individualistis??
bisa???

Menjadi diri sendiri pun sangat sulit
sebab ada sesuatu diluar diriku yang memaksaku untuk keluar dan menjadi inilah, itulah, dan sebagainya..
bahkan kadang-kadang aku menjadi sangat naif
bahwa semua ini sudah dikendalikan oleh takdir
jika begitu, kebahagiaanpun adalah takdir
dan sudah ditentukan bagiku.

Tapi ahh...
jauhkan aku dari pemikiran seperti itu!!
aku dapat menemukan kebahagiaan dengan caraku sendiri
dengan bantuan tubuhku
tubuh yang masih sanggup mencari...
mencari arti, makna, dan bila perlu memaksa keajaiban datang!!
dan memberiku sedikit kebahagiaan.

(Kupersembahkan untuk UMUR-ku...)

4 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahmed Pujangga

Mata Pena Nalar selalu berkisah tentang kita, kehidupan kita, dan hanya kita...